Pelatihan Pembuatan Silase Pakan Ternak EM4 oleh Bidang Tani Nelayan PKS Pemalang

Pemalang (23/10) — Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Kabupaten Pemalang mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak ‘Silase’ untuk anggota dan simpatisan 


Bertempat dipeternakan kambing Bapak Solichin Penggarit, Taman, Pemalang. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini berjumlah 45 orang dari berbagai desa di kabupaten pemalang. Sementara itu pemateri pelatihan ini adalah Bapak Solichin sendiri dan Ketua Bidang Tani dan Nelayan PKS Pemalang, Bapak Sodikin Mustofa

Kagiatan diawali dengan sambutan Ketua DPD PKS Pemalang, Pak Suwarso. Beliau memberikan sambutan berupa "motivasi untuk terus belajar dan bertukar ilmu dalam bidang yang digeluti, khususnya bidang paternakan kambing, sehingga usaha ternak semakin maju dan berkembang pesat".

Kamudian Menurut Pak Sodikin "Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi ke peserta khususnya para peternak agar kealihan dalam beternak semakin meningkat". Kemudian menurut Solichin pelatihan ini sangat bermanfaat dalam menghadapi musim panceklik dan berbagai kemungkinan lainnya. 


Pakan ternak ‘Silase’ merupakan pakan hijauan ternak yang diawetkan yang disimpan dalam kantong plastik yang kedap udara atau silo, drum, dan sudah terjadi proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau anaerob.




Dengan cara membuat silase & fermentasi pakan ternak yang terbuat dari rumput-rumputan atau daun hijau bisa membuat peserta punya stok pakan yang baik dan tahan lama untuk ternak mereka. Pakan ternak yang dibuat mampu bertahan 6 hingga 12 bulan".

Peserta sangat bersyukur dan antusias mengikuti pelatihan karena bisa menjadi salah satu solusi bagi para peternak dalam menghadapi panceklik yang bisa datang kapan saja dan dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan hewan ternak. Selain itu peserta berharap agar kedepan ada acara yang sejenis yang tujuannya untuk meningkatkan skill dan hasil produksi usaha mereka.

Lebih baru Lebih lama