Ini Lima Hal Utama yang Harus Dipersiapkan Jelang Ramadhan

BANDAR LAMPUNG (15/6) - Ketua Umum DPW PKS Lampung Gufron Aziz Fuadi mengajak seluruh kader PKS untuk memberikan perhatian lebih kepada Kaum Dhuafa pada Bulan Ramadhan 1436 H. Gufron menyampaikan hal ini saat memberikan tausiah Tarhib Ramadhan kepada kader PKS Lampung di Aula SLB Kemiling, Bandar Lampung, Ahad (14/6).
“Ramadhan ialah bulan yang mengingatkan simpati kita kepada Kaum Dhuafa. Ramadhan waktu yang tepat untuk melihat segala kebutuhan kita dalam memulihkan kondisi, baik diri sendiri maupun masyarakat. Jangan sampai titik Dhuafa terabaikan, yang justru menjadi sumber kelemahan bagi diri sendiri dan masyarakat,” katanya.
Pada kesempatan itu, Gufron menyerukan lima hal utama yang harus dipersiapkan semua kaum muslimin dan muslimat menjelang Ramadhan. Pertama, persiapan ruhiyah. Pada persiapan ini seorang muslim harus membersihkan hati dari penyakit akidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas. Sedangkan yang kedua ialah persiapan fikriyah.
“Persiapan fikriyah yaitu membekali diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan amaliah Ramadhan, sehingga ibadah benar-benar efektif. Seperti halnya ilmu tentang kewajiban puasa, keutamaan puasa, hikmah puasa, syarat dan rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, serta sunah puasa. Juga tarawih, iktikaf, dan zakat,” paparnya.
Ketiga, persiapan jasadiyah. Ramadhan, lanjut Gufron, membutuhkan persiapan jasad yang baik. Oleh karena Ramadhan menciptakan siklus keseharian yang berbeda dari bulan sebelumnya. Sebagai muslim yang baik, Gufron mengimbau para kader untuk tetap produktif dengan pekerjaannya meskipun berpuasa. Persiapan fisik ini diperlukan karena seorang muslim akan melakukan ibadah dalam porsi yang lebih lama dari sebelumnya.
“Kemudian keempat ialah persiapan maaliyah atau harta. Bukan untuk membeli baju baru, menyediakan kue lezat, dan lain-lain. Namun, justru memerlukan sejumlah dana untuk memperbanyak infaq, sedekah, memberi ifthor (buka puasa) orang lain, membayar zakat fitrah, dan untuk ibadah yang lainnya,” jelasnya.
Sedangkan hal kelima yang harus dipersiapkan dengan baik menjelang Bulan Ramadhan ialah da’wiyah. Gufron menjelaskan persiapan da’wiyah merupakan persiapan seorang kader merancang kegiatan-kegiatan dakwahnya selama Ramadhan.
“Berapa kali mengisi kultum tarawih, menjadi imam salat, mengisi khotbah Jumat, membina majelis taklim, sampai dengan menjadi khatib Idul Fitri,” pungkasnya.

Keterangan Foto: Ketua Umum DPW PKS Lampung Gufron Aziz Fuadi (tengah memegang microphone) saat memberikan tausiah Tarhib Ramadhan kepada kader PKS Lampung di Aula SLB Kemiling, Bandar Lampung, Ahad (14/6).
Lebih baru Lebih lama