Mata Air Suplayer Air Bersih Pemalang Tersisa 47 Titik

PKSPemalang.org - Jumlah sumber mata air bersih di Kabupaten Pemalang kian berkurang. Sesuai data, kini tinggal 47 titik dari sebelumnya 212 titik sumber mata air yang tersebar di  wilayah Pemalang Selatan. Pemalang darurat air bersih.
Demikian disampaikan Ketua Fraksi PKS, Teguh Priambudi. menurutnya, pemalang sekarang darurat sumber mata air bersih. Dari tahun 2010 dari Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Propinsi Jawa Tengah, sumber mata  air bersih masih 212 titik. "Data terbaru dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) telah hilang 137 titik mata air. kini tinggal 47 titik," katanya usai mengikuti Raperda tata ruang dan wilayah di gedung DPRD setempat Rabu (9/9).
Sementara dari 47 dari jumlah tersebut separuh lebihnya meruoakan sumber air milik pribadi dan perorangan. Bukannya dari hutan lindung. Teguh menilai harus ada upaya-upaya yang harus dilakukan agar kelestarian mata air terjamin. "kalau perlu ada cangkolan perda tentang masalah mata air ini.
Teguh juga menyayangkan anggaran untuk konservasi lahan sejak 2004 jumlahnya besar tetapi mengapa dari tahun ke tahun jumlah mata air terus berkurang."konservasi lahan anggarannya besar, tetapi kenapa mata airnya semakin habis," tandas dia.
Sementara itu, Kabid Prasarana pengembangan wilayah Bappeda Pemalang, Yudia Laksono, menjelaskan dari 47 titik sumber mata air tersebut akan diaktifkan kembali. Menurunta berkurangnya sumber mata air akibat tuk yang mulanya besar mengecil hingga mati.

Lebih baru Lebih lama